Resensi Buku

Judul : Perahu Kertas
Penulis : Dewi Lestari (Dee)
Penerbit : Bentang Pustaka
Cetakan : ke-15, Juli 2012
Kategori : Novel
Tebal : 444 hlm ; 20 cm
Buku ini mengisahkan seorang gadis mungil bernama Kugy yang memiliki hobi mengkhayal, menulis dongeng, dan menulis surat kepada “Neptunus”, lalu melipat kertasnya menjadi sebuah perahu. Sifat dan hobi Kugy inilah salah satu alasan mengapa buku ini menarik. Diceritakan juga Kugy memiliki dua orang sahabat yaitu Noni yang cerewet dan Eko yang jenaka, kedua karakter ini juga ikut menambah daya tarik buku ini.
Kisahnya diawali dengan pertemuan Kugy dan seorang laki-laki bernama Keenan. Keenan digambarkan sebagai laki-laki yang cerdas, artistik, dan penuh kejutan. Ia pindah ke Bandung untuk melanjutkan sekolahnya di suatu universitas di jurusan ekonomi. Sama seperti Kugy yang berkuliah di jurusan sastra. Sebenarnya Keenan memiliki hobi melukis dan ingin menjadi seorang pelukis, tapi Ayah Keenan tidak merestui cita-citanya itu.
Berempat Kugy, Keenan, Eko, dan Noni menjalin persahabatan. Seiring berjalannya waktu, muncul perasaan berbeda di antara Kugy dan Keenan. Keduanya saling menyukai, tapi lebih memilih untuk diam dan memendam perasaan masing-masing. Karena saat itu Kugy sudah memiliki pacar yang bernama Joshua atau Ojos.
Dari sana, mulailah bermunculan berbagai konflik. Banyak hal yang menghalangi perasaan Kugy dan Keenan. Persahabatan Kugy dan Noni pun diambang kehancuran. Di sinilah salah satu letak kelebihan buku ini, Dee dengan cerdas merangkai semua konfiknya hingga membuat para pembaca penasaran dan tak bisa berhenti membaca.
Cara mengatasi konfliknya pun terkesan nyata, dan mengalir mengikuti alur. Pada akhirnya, Kugy dan Keenan bersatu, Keenan mendapat restu ayahnya, persahabatan Kugy dan Noni kembali utuh, dan berdua Kugy dan Keenan menggapai mimpi, dan melanjutkan karya yang mereka buat.
Novel atau buku ini sangat menghibur pembaca, dan sangat cocok untuk remaja. Walaupun ada beberapa kata yang tak dimengerti, itu tak menjadi alasan untuk tidak membaca buku ini. Kisah ini memotivasi dan menginspirasi kita untuk tidak menyerah dan terus menggapai mimpi. Kisah yang sangat menarik untuk dibaca.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s